Manakah produk kami yang paling Anda sukai?

Rabu, 16 Juni 2010

Lampiran-lampiran

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1
Penjelasan-penjelasan Saat Tour Pada Lembah Hijau Multifarm Research Station 2.
a) Wawancara dengan wakil dari divisi tanaman yaitu Rahmat Nur Setiawan/Wawan (18 Juni 2009).
• Pupuk Cair: urin sapi yang difermentasi menggunakan Stardec.
- Prosesnya itu nanti perbandingan 100 liter urin sapi dicampur dengan 1kg Stardec ditambah sari tebu hingga tidak bau, lalu ditambah ragi + 1 kilogram.
- Proses fermentasi + 21 hari pengendapan, biasanya warna berubah menjadi lebih tua. Setelah masa fermentasi inilah terjadinya pupuk cair.
- Rasio saat hendak menyiram pupuk cair ke media tanam adalah 1:10 dalam arti 1 liter pupuk cair dicampur 10 liter air.
b) Wawancara dengan Pak Nugroho (18 Juni 2009).
• Black Gold:
Cara membuat Black Gold adalah dengan mencampur Fine Compost, Rock Phosphat, Zeolite, Dolomite, air secukupnya. Kesemuanya dicampur selama + 15 menit hingga beratnya mencapai 50 kilogram. Setelah itu dikeringkan hingga warna cerah lalu dikemas. Berikut ini komposisinya:
- 60% Fine Compost.
- 20% Rock Phosphat.
- 10% Zeolite.
- 10% Dolomite.
- Air secukupnya.
Jenis-jenis kemasan untuk produk-produk pupuk:
- Ukuran rumah tangga:
○ 4 kilogram @Rp.6.000,- (Green Valley Fine Compost).
○ 1 tabung isi 1 liter Rp.8.000,- (Black Gold Granule).
- Ukuran skala besar:
○ 20 kilogram @Rp.25.000,- (Green Valley Fine Compost).
○ 40 kilogram @Rp.38.000,- (Green Valley Fine Compost).
c) Wawancara dengan Mbak Mawar (20 Juni 2009).
• Pakan sapi ternak.
Kombinasi pakan sapi ternak: jerami fermentasi + starbio + urea. Jerami yang baik difermentasi adalah jerami yang mengandung air sebesar 60%, yakni yang bila diperas dengan tangan tidak menetes tapi telapak tangan basah. Beda jerami biasa dengan jerami fermentasi adalah jerami fermentasi memiliki gizi yang lebih tinggi. Prosesnya adalah dengan mencampur jerami dengan starbio dan urea lalu didiamkan selama 21 hari. Kurang dari 21 hari = belum jadi, lebih dari 21 hari = boleh untuk pakan sapi selama warna belum berubah jadi hitam. Agar awet, jerami hasil fermentasi dipadatkan lalu diangin-anginkan (jerami ditaruh diatas gerobak lalu dibawa ke tempat teduh yang tidak terkena sinar Matahari selama setengah hari). Setelah proses tersebut, jerami bisa tahan lama antara 1 tahun hingga 2 tahun.


Hasil penggunaan starbio:
- Sapi tak berlemak.
- Kotoran less-protein sehingga sedikit bau (buktinya adalah lebih banyaknya lalat di makanan daripada yang di kotoran).
Sapi juga diberi konsentrat sebagai penambah gizi. Untuk kombor (pencampuran antara konsentrat dengan air), untuk 10 liternya diberikan starbio sebanyak 2 sendok makan. Campuran konsentrat 55% sampai dengan 60% adalah bekatul atau dedak, dan sisanya adalah bahan-bahan yang mudah didapat. Fungsi konsentrat:
- memanfaatkan sampah.
- Perut sapi lebih cocok untuk mengkonsumsi konsentrat karena protein yang dihasilkan pada daging dan susu lebih baik.
Campuran-campuran konsentrat adalah:
- Bekatul (dedak).
- Tepung ketela.
- Ampas aren.
- Ampas tahu.
- Kulit udang.
- Ikan teri.
- Jagung.
- Starbio.
- Garam.
- Sedikit urea.
- Vitamin (A, B2, D3, E).
- Mineral ternak.
• Perikanan.
Hanya ada ikan patin saja. Pemberian makan menggunakan daun azola piñata (daun kayu apu) karena memiliki 27% protein dan dalam 1 hari dapat berkembang menjadi 10x lipat.
• Anak sapi/pedet.
- Anak sapi yang baru lahir hingga berumur 7 hari. Pedet butuh susu ber-chlorostrum, dan diatas 7 hari pedet diberi makan rendeng (daun kacang tanah). Per kepala, pedet diberi asupan sekitar 4 liter susu sehari dan konsentrat sebanyak 5kg.
- Setelah 3 bulan (90-110 hari), biasanya pedet dipindah ke kandang pembesaran. Patokannya biasanya dari bobot pedet tersebut, yakni bila seekor pedet telah mencapai 70 kilogram.
d) Wawancara dengan Rahmat Nur Setiawan/Wawan (20 Juni 2009).
• Media Tanam.
Media tanam untuk tanaman komposisinya adalah kompos, akar pakis, dan arang sekam. Rasionya adalah 1:1:1 untuk pot kecil, 2:1:1 untuk pot sedang, dan 5:2:2 untuk pot besar. Arang direndam dengan urin sapi dulu selama sehari agar protein mudah meresap.
e) Wawancara dengan Mbak Widya (20 Juni 2009).
• Kandang Rumah Sakit (RS).
Sapi yang sakit dipisahkan di kandang Rumah Sakit dan untuk perawatannya disuntik dengan antibiotik. Di kandang Rumah Sakit, sapi sakit mata diteteskan theramicine, sakit diare disuntik dengan sulfa dan susu batita, sakit mastitis disuntik dengan penisiline di puting sapi.
• Kandang penyapihan (pembesaran).
Kandang ini merupakan kandang pembesaran dimana sapi sudah tidak diberi susu. Sapi sudah mulai diberi jerami dan konsentrat.
• Kolam pembesaran patin.
Patin dipilih karena daya tahannya dan sifatnya yang mudah. Pelet diberikan menggunakan media khusus yang mana otomatis menurunkan pellet. Patin bersifat tidak akan makan bila tidak lapar dan selalu bergerombol.

Makanan patin adalah pelet tenggelam yang dibeli dari Medan, Kartosuro, dan Lampung. Pembelian pelet dilakukan disaat melakukan pengiriman pesanan ke daerah-daerah tersebut sehingga dapat meningkatkan efisiensi biaya.
• Kolam patin bakal panen.
Berisi ikan patin yang siap panen. Panen dilakukan saat patin berumur 8-10 bulan dengan berat antara 8 ons sampai dengan 1 kilogram.
• Lokasi pemanfaatan kotoran.
Alas kotoran adalah serbuk kayu, kebetulan yang dipakai adalah dari kayu sengon. Kotoran disaring, yang kering diproses jadi kompos dan urinnya jadi pupuk cair. Seekor sapi mengeluarkan kotoran perhari rata-ratanya adalah 15 sampai dengan 25 kilogram.
• Hospital Barn (tempat melahirkan sapi).
Sapi yang bunting besar ditaruh disini. Biasanya sapi akan melahirkan saat 9 bulan 10 hari. Sapi yang bunting dipisahkan karena porsi makanannya lebih banyak daripada yang lainnya.
• Tamu yang biasanya berkunjung.
Tamu yang berkunjung biasanya berasal dari BPPT, APEKA (Akademi Peternakan Karang Anyar), Murid-murid Sekolahan terutama Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surakarta (UNS), Universitas Gajah Mada (UGM), dan lain-lain. Tidak jarang pula tamu-tamu berkunjung dari Jakarta, Bandung, bahkan Malaysia. Berikut ini adalah paket-paket kunjungan yang disediakan oleh PT.LHM:
Paket 1: Rp.7.500,-
- Snack.
- Minum (air mineral).
- Service.
Paket 2: Rp.11.000,-
- Bakso ikan patin.
- Minum (fresh tea).
- Service.
Paket 3: Rp.17.500,-
- Makan siang (nasi dus patin).
- Minum (air mineral).
- Service.
Paket komplit: Rp.22.500,-
- Snack.
- Makan siang (nasi dus patin).
- Minum (air mineral).
- Service.
Selain paket-paket yang disediakan tadi, PT.LHM juga menyediakan beberapa pilihan untuk paket sekolah. Paket ini ternyata tidak hanya ditujukan untuk murid-murid sekolahan dari SD sampai SMA saja karena tidak jarang perguruan tinggi pun mengambil salah satu paket sekolah yang disediakan untuk para mahasiswanya. Berikut adalah paket-paket sekolah yang disediakan:
Paket 1: Rp.10.500,-
- Ice cream.
- New Star Bio Plus (NSBP) ons.
- Service.
Paket 2: Rp.13.500,-
- Popcorn.
- Ice cream.
- New Starbio Plus (NSBP) ons.
- Service.
Paket 3: Rp.13.500,-
- Ice cream.
- New Starbio Plus (NSBP) ons.
- Sayur organik.
- Service.
Paket 4: Rp.16.500,-
- Bakso ikan patin.
- Ice cream.
- New Starbio Plus (NSBP) ons.
- Service.
Paket 5: Rp.18.500,-
- Bakso ikan patin.
- Ice cream.
- New Starbio Plus (NSBP) ons.
- Renang.
- Service.
Pada paket sekolah yang disediakan, pasti ada New Starbio Plus (NSBP) yang merupakan salah satu produk dari PT.LHM. Hal ini merupakan salah satu cara berpromosi yang halus, dimana para pengunjung yang mengambil salah satu dari paket sekolah ternyata harus membeli salah satu produk dari PT.LHM tanpa merasa ada paksaan untuk membeli.
• Toko (Show Room).
Disini tamu dipersilahkan membeli produk-produk Lembah Hijau Multifarm (LHM) dan produk-produk konsinyasi lainnya yang dijual. Disini pulalah para pengunjung membayar produk-produk yang mereka beli seperti tanaman-tanaman hias yang ada di area Taman LHM, buah-buah yang ada di area perkebunan, susu sapi segar yang baru diperah dari sapi-sapi perah, ikan patin yang ada di kolam-kolam, dan produk-produk lainnya kecuali yang ada di Menu Café. Produk-produk asli produksi Lembah Hijau Multifarm yang dijual di toko adalah: Starbio Plus, Starbio Super, Probiotik Starbio, Mineral Super, Premix vitamin, Stardec, Green Valley Fine Compost, 0, dan Agensia Hayati (Blue-V, Startrap, Fugstop-P, Gliostar-P). Produk-produk konsinyasi diantaranya adalah berbagai jenis jamur, berbagai jenis kripik buah, berbagai jenis minuman, dan lain-lain.
f) Wawancara dengan Mas Freddy (21 Juni 2009).
• Proses pemerahan sapi.
Susu sapi yang ada pada sapi-sapi di Lembah Hijau Multifarm mempunyai Berat Jenis (BJ) sebesar 1,026 atau 1,027. Suhu susu sapi pada pagi hari sebesar 300C dan pada siang hari sebesar 350C. Seharinya, seekor sapi mampu menghasilkan susu sekitar 10 sampai dengan 15 liter. Sapi-sapi diperah 2 kali yaitu pukul 04:00 dan pukul 13:00. Tiap 10 liter susu, 2 liternya disisihkan untuk diberikan ke anak sapi/pedet.
g) Wawancara dengan Rahmat Nur Setiawan/Wawan (21 Juni 2009).
• Proses pupuk cair.
Urin sapi dicampur dengan Stardec lalu ditempatkan pada tangki yang lokasinya tinggi agar baunya tidak tercium. Bakal pupuk cair ini disedot ke tangki dengan menggunakan pompa lalu disebarkan kembali ke arah perkebunan dengan menggunakan pipa-pipa.


h) Wawancara dengan Mbak Widya (21 Juni 2009).
• Biogas.
Dari kotoran-kotoran yang dikumpulkan, kotoran-kotoran tersebut mampu menghasilkan gas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kotoran-kotoran tersebut diendapkan di tangki-tangki yang berada dibawah tanah yang tertutup rapat.
i) Wawancara dengan Mas Eko (21 Juni 2009).
• Area Perkebunan.
Didalam area perkebunan terdapat banyak jenis tanaman didalamnya juga terdapat kolam renang anak dan sedang dibangun kolam renang dewasa. Tanaman-tanaman yang dapat ditemui didalam area perkebunan antara lain adalah: terong, pepaya, tomat, kacang panjang, jambu merah, belimbing, mahkota dewa, cabai, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Disamping bakal kolam renang dewasa adalah area yang nantinya adalah untuk drum dryers (drum-drum pengering) yang menurut kalkulasi dapat mempercepat proses pembuatan kompos.
j) Wawancara dengan Mbak Widya (21 Juni 2009).
• Kandang dara.
Kandang ini adalah untuk sapi yang berumur 10 bulan sampai dengan 1,5 tahun. Pada umur ini sapi tidaklah lagi rentan terhadap penyakit, tapi tetap harus diberikan perawatan yang teliti agar tidak mudah terserang penyakit.
• Kolam pemijahan ikan patin.
Saat pemijahan, telur-telur ikan patin dikeluarkan dari induknya dengan dibantu oleh manusia, telur-telur tersebut dicampur dengan induk jantan dan betina. Setiap 2 jam, induk jantan dan betina tersebut diberi makan agar tidak terjadi kanibalisme. Kolam untuk telur diberi alas serabut aren atau sejenis kain kasa, hal ini dilakukan untuk mencegah rusak atau pecahnya telur-telur tersebut. Induk patin sudah siap bertelur bila bobot sudah mencapai 2 kilogram.
k) Wawancara dengan Ibu Hesti Anjani atau Mbak Hesti (22 Juni 2009).
• Biogas Technologies (Sumber: Litbang Kompas/STN, diolah dari www.beritaiptek.com, situs web kimia Indonesia dan www.pustaka-deptan.go.id ).
1) Prinsip-prinsip teknologi Biogas:
Biogas adalah gas mudah terbakar (flammable) yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan bakar organik oleh bakteri-bakteri anaerob (bakteri-bakteri yang mampu hidup dalam kondisi kedap udara). Memanfaatkan proses pencernaan yang dilakukan oleh bakteri methanogen yang menghasilkan gas methane (CH4). Bakteri methanogen bekerja dalam lingkungan kedap udara dan secara natural hidup dalam limbah yang mengandung bahan organik seperti kotoran binatang, kotoran manusia, dan sampah organik rumah tangga. Pada umumnya semua jenis bahan organik bisa diproses untuk menghasilkan biogas, tetapi hanya bahan organik (padat, cair) homogen seperti kotoran dan urine (air kencing) hewan ternak yang cocok untuk sistem biogas sederhana. Keberhasilan proses pencernaan bergantung pada kelangsungan hidup bakteri methanogen didalam reaktor sehingga beberapa kondisi yang mendukung perkembangbiakan bakteri ini didalam reaktor perlu diperhatikan, misalnya temperatur, kesamaan, dan jumlah material organik yang hendak dicerna.

2) Tahap pencernaan material organik:
- Hydrolisis.
Molekul organik yang kompleks diuraikan menjadi bentuk yang lebih sederhana, seperti karbohidrat (simple sugars), asam amino, dan asam lemak.
- Acidogenesis.
Proses penguraian yang menghasilkan ammonia, karbondioksida, dan hydrogen sulfide.
- Asetagenesis.
Proses penguraian produk acidogenesis: menghasilkan hydrogen, karbondioksida, dan asetat.
- Methanogenesis.
Penguraian dan sintesis produk tahap sebelumnya untuk menghasilkan gas methane (CH4). Hasil lain dari proses ini berupa karbondioksida, air, dan sejumlah kecil senyawa gas lainnya.
3) Komposisi biogas:
Komponen Persentase (%)
Methane (CH4) 55 – 75 %
Karbondioksida (CO2) 25 – 45 %
Nitrogen (N2) 0 – 0,3 %
Hydrogen (H2) 1 – 5 %
Hydrogen sulfide (H2S) 0 – 3 %
Oxygen (O2) 0,1 – 0,5 %

4) Kondisi optimal produksi biogas:
Parameter Kondisi Optimal
Suhu 350C
Derajat keasaman 7 – 7,2
Nutrient utama Karbon dan Nitrogen
Nisbah Karbon dan Nitrogen 20/1 – 30/1
Sulfide <200mg/Liter
Logam-logam berat terlarut <1mg/Liter
Sodium <5000mg/Liter
Kalsium <2000mg/Liter
Magnesium <1200mg/Liter
Ammonia <1700mg/Liter
l) Wawancara dengan Mbak Mawar (24 Juni 2009).
• Kolam khusus lumut azola piñata.
Ada 2 kolam khusus pengembangbiakan lumut azola piñata, panjang kolamnya masing-masing antara 10 sampai dengan 15 meter dengan kedalaman masing-masingnya 1 meter. Didalamnya masing-masing diberi beberapa ekor ikan patin untuk tetap menjaga ekosistem.
• Café.
Café dibuka pada pertengahan tahun 2008 yakni Mei 2008. Lokasi Café adalah diujung area perkebunan, Café adalah lokasi favorit para pengunjung karena disini para pengunjung dapat melepas lelah dan menikmati pemandangan serta udara yang asri setelah berkeliling Lembah Hijau Multifarm Research Station II seluas 6 hektar ini. Orang yang bertanggung jawab untuk masakan café adalah Mbak E’en dan yang bertugas menerima pesanan para pengunjung adalah Mas Sandy.
m) Wawancara dengan Mbak E’en (25 Juni 2009):
• Menu lama Cafe.
Pada awal berdirinya Café, menu terbilang cukup variatif karena sangat banyak makanan dan minuman yang dapat dipilih oleh para pengunjung. Akan tetapi, sesuai permintaan pengunjung, maka pada tahun 2009 ini menu yang tersedia kami perbaharui. Berikut adalah menu lama Café:
Makanan: Minuman:
- Ikan patin bakar/kg = Rp.50.000,- - Soda Gembira = Rp.8.000,-
- Ikan patin goreng/kg = Rp.40.000,- - Cool Cappucino = Rp.9.500,-
- Bakso ikan patin = Rp.6.000,-/porsi - Tropico Milkovano = Rp.8.500,-
- Cah kangkung hot plate - Bananas Vanmilko = Rp.8.000,-
= Rp.7.500,-/porsi. - Cappucino Milk Tropico = Rp.8.000,-
- Steak Ikan patin Crispy - Milkovano Blended = Rp.7.500,-
= Rp.12.500,-/porsi. - Cappucino Banana-Milko = Rp.7.000,-
- Steak Ikan patin = Rp.12.500,-/porsi. - Iced Lemon Tea = Rp.4.500,-
- Nasi goreng ikan patin - Iced Coffee = Rp.3.500,-
= Rp.12.500,-/porsi - Iced Rosella Tea = Rp.3.500,-
- Nasi goreng ikan patin spesial - Iced Tea = Rp.2.500,-
= Rp.15.500,-/porsi - Iced Orange = Rp.3.000,-
- Nasi putih = Rp.2.500,-/porsi. - Hot Orange = Rp.2.500,-
- Sambal + lalapan = Rp.3.000,-/porsi.
- Sambal = Rp.3.000,-/porsi.
- Lalapan = Rp.3.000,-/porsi.
n) Wawancara dengan Mas Sandy (25 Juni 2009):
• Paket Hemat dalam Menu Café.
Biasanya, para pengunjung yang datang adalah rombongan keluarga. Andaipun bukan, seperti rombongan anak-anak sekolahan misalnya, terutama Sekolah Dasar tetap mengajak para orang tua dari para murid-muridnya. Oleh karenanya, Café mensiasatinya dengan menciptakan Paket Hemat Keluarga dan menyediakan berbagai jenis juice. Berikut adalah Menu Paket Hemat Keluarga:
Makanan: Juice:
- Paket Ikan Bakar Rp.65.000,- Rp.59.500,- - Avocado Milk Juice = Rp.8.500,-
1 patin bakar - Avocado Coffee Juice = Rp.7.500,-
1 sambal - Carrot Juice = Rp.7.500,-
1 lalapan - Guava Juice = Rp.8.000,-
3 nasi putih - Orange Juice = Rp.7.500,-
3 fresh tea - Pepaya Hawaii Juice = Rp.7.500,-
- Paket Ikan Goreng Rp.55.000,- Rp.50.500,- - Tomato Juice = Rp.5.000,-
1 patin goreng - Blueberry Juice = Rp.6.500,-
1 sambal - Strawberry Juice = Rp.6.500,-
1 lalapan - Kiwi Juice = Rp.8.000,-
3 nasi putih
3 fresh tea

o) Wawancara dengan Pak Adi/tukang perah sapi (25 Juni 2009).
• Proses pemerahan susu sapi.
Sebelum sapi-sapi diperah, kandang-kandang sapi terlebih dahulu harus disemprot dengan air. Penyemprotan air ke kandang-kandang sapi bertujuan agar mempermudah proses pemerahan. Dengan penyemprotan tersebut, kandang sapi menjadi bersih dari kotoran-kotoran sapi sehingga baik sapi-sapi maupun yang memerah sapi merasa lebih nyaman. Hal ini juga sangat berguna karena seringkali anak-anak sekolahan dan para pengunjung lain yang tadinya merasa jijik menjadi tertarik untuk ikut mencoba memerah susu dari sapi-sapi yang ada karena para pengunjung memang diperbolehkan untuk turut mencoba memerah susu sapi. Sebelum memerah susu sapi, tangan terlebih dulu dicuci dengan air agar bersih dari kotoran. Setelah itu, agar memperlicin tangan saat memerah susu maka tangan terlebih dahulu dilumuri dengan minyak (kebetulan waktu itu penulis melumuri tangan dengan minyak yang disediakan disitu yakni minyak goreng). Bila kita melihat para pemerah susu sapi bekerja, kelihatannya sangat mudah karena hanya dengan 2 jari mereka bisa memerah susu dengan cepat. Akan tetapi, bila masih baru maka dengan 2 tangan pun susu yang keluar belum tentu secepat mereka dan semprotan susu yang keluar sangatlah sedikit bila dibandingkan dengan mereka.
p) Wawancara dengan Ibu Hesti Pudjani atau Mbak Hesti (25 Juni 2009):
• Penyemprotan hama.
Meskipun hasil panen disini adalah hasil penanaman yang dikembangkan secara non-kimiawi atau organik, namun kami masih menggunakan jasa penyemprotan hama. Setiap 2x dalam sebulan, dilakukan penyemprotan hama khususnya untuk membasmi lalat dan nyamuk, yakni di kandang-kandang sapi dan Café. Penyemprotan hama pada kandang-kandang sapi bertujuan untuk menjaga agar jumlah lalat tidak terlampau banyak sehingga para pengunjung tidak terganggu. Penyemprotan hama pada Café bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjangkitnya para pengunjung oleh penyakit Demam Berdarah. Dalam penyemprotan hama ini, PT.LHM mempercayakannya kepada PT.Proton.
q) Wawancara dengan Mbak Theresia atau Mbak Yaya (26 Juni 2009):
• Menu baru Café.
Dengan memperhatikan kinerja Café mengenai makanan-makanan dan minuman-minumannya, maka pada tahun 2009 ini kami mengadakan perubahan pada Menu Café. Adapun mengenai pelayanan ataupun fasilitasnya kami belum menerima keluhan dari pengunjung sehingga hanya sedikit sekali perubahan yang dilakukan mengenai hal-hal tersebut.









Perubahan menu Café bertujuan sebagai reaksi kami dalam menanggapi permintaan para pengunjung. Menu Café yang baru adalah:






Lampiran 2
INTERVIEW I tanggal 17 Juni 2009:
1. Bu Novia, boleh aku tahu apa jabatan Ibu disini?
2. Bu Novia, bisa cerita sedikit mengenai sejarah Perusahaan ini?
3. Bu Novia, dalam proses produksinya, sistem apa yang digunakan oleh Perusahaan ini? Mohon jelaskan pula cara penerapannya!
4. Bu Novia, sistem apakah yang digunakan Perusahaan didalam mempromosikan produk-produknya?
5. Media-media apa saja yang digunakan dalam membantu promosi?
6. Sejauh manakah ke-efektifan dari media-media yang digunakan dalam melakukan promosi?
7. Dalam Perusahaan, apakah hanya menjalankan fungsi-fungsi dari marketing, advertising, dan PR-nya saja ataukah memang ada divisinya masing-masing?
8. Diantara marketing, advertising, dan PR, menurut Ibu manakah yang menunjukkan peran yang paling penting bagi Perusahaan?
9. Komunikasi jenis apakah yang digunakan dalam kepentingan mempromosikan produk? Bagaimana contohnya?
10. Menurut Ibu, sudah cukupkah cara berpromosi dan memasarkan yang diterapkan oleh Perusahaan dalam arti sudah sangat efektifkah atau memang masih dibawah target? Apa alasannya?
11. Bagaimana menurut Ibu tentang relevansi pengeluaran biaya beriklan di media massa?
12. Apa rencana kedepan dari Perusahaan? Apakah tetap menggunakan metode yang sama atau akan ada metode baru yang akan digunakan? Bila ada, kira2 metode seperti apa yang akan dipakai?
JAWABAN-JAWABAN:
1. Direktur Marketing dan Service atau pemasaran dan jasa.
2. Ir.Soeharto sudah memulai usaha dibidang agrobisnis sejak tahun 1977, dimulai dengan menanam rumput avalva dan memelihara sedikit sapi. Pada awalnya beliau hanya memelihara 4 sapi. Ternyata beliau menyadari bahwa ada kendala saat memanen rumput dimana beliau membutuhkan armada untuk melakukannya, belum lagi kendala jalan becek & tidak bisa panen disaat hujan turun. Beliau pun beralih menjual susu sapi segar. Sayangnya, harga jual susu sapi segar tidak sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu, beliau membuat kolam ikan lele. Ternyata, biaya overall menunjukkan bahwa biaya operasional lebih besar daripada pemasukan yang didapatkan, sehingga usaha inipun tidak dapat bertahan lama. Disamping itu, beliau juga melakukan trial and error mengenai produk bioteknologi yaitu produk untuk campuran pakan ternak. Ketika melakukan usaha inilah beliau berhasil mendirikan CV. Lembah Hijau Multifarm pada tahun 1981 yang kemudian menjadi PT. Lembah Hijau Multifarm sekitar tahun ’90-an. Pada tahun ’90-an, Perusahaan ini bergerak dibidang produk bioteknologi dan pupuk kompos organik.
3. Proses produksi Perusahaan masih sekitar 65% manual atau Padat Karya dengan menggunakan tenaga manusia. Proses produksi semacam ini diterapkan karena pertimbangan lokasi Perusahaan yang berada didaerah padat penduduk. Perusahaan memberikan pekerjaan kepada warga disekitar Perusahaan.. Jadi, warganya Perusahaan beri pekerjaan dan warga pun menjaga Perusahaan sebagai timbal baliknya.
4. Perusahaan mempunyai Technical Sales yang bertugas sebagai penjual sekaligus penyedia jasa layanan untuk mendukung penjualan produk-produk.
5. Media-media yang digunakan adalah banner, spanduk, brosur, dan yang paling terakhir adalah VCD untuk mempermudah melakukan penyuluhan mengenai visi dan misi kepada petani dan peternak.
6. Media-media yang digunakan terbukti sangat efektif karena dari media-media yang digunakan itulah telah terjadi repeat order.
7. Selain menjalankan fungsi-fungsi dari marketing, advertising, dan PR didalam kinerjanya, Perusahaan juga memiliki divisi-divisi tersebut yang akan dijelaskan pada bagan divisi marketing Perusahaan.
8. Kesemuanya sangat penting karena memang berada dalam satu paying yaitu marketing. Antara marketing, advertising, dan PR memiliki peranan yang sama pentingnya karena adanya interrelasi antar masing-masing subdivisi.
9. Komunikasi yang digunakan adalah komunikasi secara visual dan komunikasi hardcopy atau menggunakan brosur. Komunikasi yang paling penting adalah word of mouth karena penjelasan-penjelasan yang diberikan kepada para pengunjung ternyata diceritakan kembali oleh para pengunjung yang telah berkunjung kepada mereka yang belum pernah berkunjung, sehingga mereka yang belum pernah berkunjung ke Lembah Hijau Multifarm Research Station II menjadi berminat untuk berkunjung. Tak hanya itu saja, integrasi pertanian dan peternakan terhadap para customers yang kebanyakan merupakan petani dan peternak menceritakan tentang keberhasilan produk-produk yang mereka beli dari Perusahaan kami kepada para petani dan peternak lainnya, sehingga kini kalangan menengah keatas baik itu warga sipil, aparat-aparat Pemerintahan, para konglomerat, dan para Penguasa Negara pun telah mengenal nama baik produk-produk Perusahaan.
10. Gaya berpromosi dan memasarkan produk yang diterapkan Perusahaan masih sangat efektif mengingat sifat warga Indonesia yang sangat oral atau talkative. Alasannya adalah bahwa masyarakat Indonesia lebih percaya untuk mendengar keberhasilan produk-produk Perusahaan dari orang-orang yang mereka kenal daripada mengetahui produk-produk Perusahaan melalui iklan-iklan yang dipasang Perusahaan pada media-media tertentu. Masyarakat Indonesia biasanya lebih percaya pada teman sendiri, juga karena sudah ada yang memakai dan sudah ada contohnya.
11. Mengenai relevansi pengeluaran biaya beriklan di media massa adalah tidak efektif, karena Perusahaan harus mengeluarkan biaya sangat besar untuk iklan pada space uang kecil. Selain itu, Perusahaan menilai bahwa beriklan di media massa tidaklah tepat sasaran dalam arti bahwa customer Perusahaan yang sebagian besar merupakan petani dan peternak tidaklah familiar dengan acara di televisi.
12. Rencana kedepan Perusahaan adalah memperbaiki komunikasi di dunia maya dengan perbaikan pada situs Perusahaan menjadi user-friendly yaitu menghindari penggunaan aplikasi flash karena tidak semua customer menggunakan teknologi komputer dengan speed yang cepat. Dalam situs tersebut, Perusahaan menyediakan berbagai informasi yang lengkap mengenai kegiatan-kegiatan dan produk-produk Perusahaan, serta servis-servis atau layanan-layanan yang disediakan.



















Lampiran 3
INTERVIEW II tanggal 17 Juni 2009:
1. Bagaimanakah struktur organisasi dalam Perusahaan?
2. Pada awal mula dibentuknya PR, apakah ada pemakaian penasihat dari luar Perusahaan atau memang berawal dari Top Management? Mohon terangkan sedikit tentang kronologisnya?
3. Bagaimanakah peran staf PR dalam:
a) Pengambilan keputusan? Tolong jelaskan! Apa sanksinya bila ada pengambilan keputusan yang salah?
b) Departemen internal (PR)? Tolong jelaskan!
c) Kerja sama dengan departemen lain seperti pemasaran, SDM, dll? Tolong jelaskan!
d) Firma Konseling Luar (bila ada) seperti biro iklan, spesialisasi (Perusahaan Konsultan)? Tolong jelaskan!
e) Adanya kebijakan baru dalam Perusahaan? Tolong jelaskan!
4. Apa landasan etika yang ditanamkan dalam Perusahaan mengenai:
a) Etika profesional. Tolong jelaskan!
b) Tanggung jawab sosial. Tolong jelaskan!
c) Mohon tambahkan yang lain bila ada…
5. Apakah Perusahaan menyediakan pendidikan profesional (pelatihan khusus) bagi para calon tenaga kerjanya atau hanya ambil yang sudah matang saja? Tolong jelaskan!
6. Pelatihan-pelatihan apa sajakah yang disediakan Perusahaan? Siapa sajakah yang bisa mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut? Apa tujuan dari disediakannya pelatihan-pelatihan tersebut? Tolong jelaskan!
7. Apakah PR dituntut untuk melakukan riset? Bila ya, riset apa saja yang pernah dilakukan? Bagaimana dukungan Perusahaan terhadap riset tersebut?
8. Tolong sebutkan dan jelaskan mengenai kode-kode etik yang ada dalam Perusahaan beserta sanksi-sanksinya!
9. Bagaimanakah akses ke media:
a) Cetak? Tolong jelaskan!
b) Penyiaran? Tolong jelaskan!
10. Bagaimanakah hubungan Perusahaan dengan Pemerintah?
11. Pernahkah Perusahaan mengalami perusakan reputasi oleh pihak-pihak kompetitor? Bagaimana menyikapinya? Mohon jelaskan dampak dari penanganannya!
12. Apakah Perusahaan termasuk yang peduli dengan hak cipta dan merk dagang? Sebutkan alasannya! Mohon juga berikan pendapat pribadi Anda tentang hal ini!
13. Mohon jelaskan tentang hubungan komunikasi antara tenaga kerja dengan manajemen dalam hal pemilihan wakil dan perundingan kolektif!
14. Cukup trasparankah hubungan antara keuangan dengan PR?
15. Pernahkah Perusahaan terlibat permasalahan hukum? Bila pernah, tindakan apa yang dilakukan PR untuk mengatasi permasalahan tersebut? Bila belum, strategi-strategi seperti apakah yang sudah disiapkan oleh divisi PR?
16. Bagaimanakah pendekatan-pendekatan ekologis yang diterapkan terhadap publik? Mohon jelaskan!
17. Dalam pendekatan-pendekatan apapun, pasti muncul kecenderungan-kecenderungan. Bagaimanakah peranan PR dalam menelusuri kecenderungan-kecenderungan sekaligus cara mengatasinya? Mohon berikan contoh!
18. Dalam membentuk opini publik, apakah Perusahaan menetapkan sasaran utama? Bila ya, siapa mereka? Kenapa (bila ya ataupun tidak)?
19. Apakah Perusahaan mengharuskan PR melakukan “perang untuk mendapat perhatian” terhadap Perusahaan kompetitor? Mohon jelaskan (ya ataupun tidak)!
20. Apa sajakah efek-efek proses dari:
a) Menciptakan persepsi tentang dunia disekitar kita?
b) Penyebaran informasi dan inovasi?
c) Mendefinisikan dukungan sosial dari Perusahaan?
21. Bagaimanakah divisi PR melakukan orientasi? Mohon jelaskan!
22. Menurut Anda, sudah cukupkah kesejahteraan sosial yang diberikan Perusahaan terhadap para karyawannya? Mengapa?
23. Mengenai banyaknya pengunjung yang datang ke Perusahaan, bagaimanakah para pengunjung mengetahui tentang Perusahaan?
24. Apakah para pengunjung yang datang dikenakan biaya untuk melakukan tour yang juga pasti ditemani oleh seorang staf PR sebagai guide?
25. Fasilitas atau suguhan apa sajakah yang diberikan kepada para pengunjung?
26. Penjelasan mengenai apa sajakah yang diberikan kepada para pengunjung saat melakukan tour?
27. Bisa tolong jelaskan mengenai zero-waste farming system?
28. Apa sajakah tujuan dari diadakannya tour ini?
29. Tolong jelaskan mengapa anak-anak seolah-olah mendapatkan perhatian khusus dalam program tour Perusahaan ini?
30. Program apa sajakah yang akan dihadirkan untuk masyarakat umum? Mohon jelaskan sedikit tentang program-program tersebut!
JAWABAN-JAWABAN:
1. Ada pada Company Profile.
2. Awal mula dibentuknya PR itu setelah dirasakan bahwa sistem yang ada di Perusahaan yaitu integrasi peternakan, perikanan, dan pertanian dengan menggunakan e.. probiotik atau peternakan yang zero-waste itu dirasa sangat bermanfaat dan menguntungkan untuk peternak dan petani yang me..mengusahakannya. e.., awal pemakaian memang dari Top Management, PR juga sebagai kaki tangan Perusahaan untuk menyampaikan visi dan misi selain menyampaikan produk dan layanan dari Perusahaan.
3. a) Staf PR didorong untuk mengambil keputusan sendiri apabila tidak principal yaitu tidak melenceng dari visi dan misi Perusahaan. PR sangat bisa dalam mengajukan usul, justru kami mendorong kreativitas mereka dalam menciptakan ide-ide yang dirasa efisien. Jadi kami dari top manajemen juga tidak menutup kemungkinan untuk perbaikan-perbaikan sistem di lapangan apabila memang dirasa sangat mendesak dan lebih jauh lebih efektif. Bila terjadi pengambilan keputusan yang kurang baik dari staf PR, Perusahaan melakukan pendekatan dengan cara lebih kekeluargaan, mengenai sanksi.., tidak ada sanksi, yang jelas e… personal yang bersangkutan dapat.. dapat belajar dari.. dari kesalahan yang ada dan dapat memperbaiki e.. pada saat lain waktu, jadi kedepannya ada hikmah yang bisa diambil dari situ dan tidak akan diulangi lagi.
b) Jadi, PR sendiri itu ada ketuanya yaitu diketuai oleh Ibu Hesti Pudjani. Ibu Hesti mempunyai 2 (dua) anak buah yaitu Saudari Widya dan Saudari Mawar. Jadi mereka tetap ada rolling tugas dan dalam 1 (satu) minggu mereka tetap mendapat jatah libur 1 (satu) hari, tetapi tidak bisa dua-duanya libur pada saat yang bersamaan mengingat tamu-tamu.., jumlah tamu yang datang ke peternakan.
c) Kerja sama PR dengan Pemasaran sangat erat karena PR itulah yang menjadi ujung tombak dari penjualan itu sendiri. PR yang menyampaikan produk dan pelayanan, yang menyampaikan pengetahuan, dan sistem yang ada pada Perusahaan. Kerja sama PR dengan SDM yang ada di Perusahaan bisa dikatakan sangat erat karena eksistensi dari masing-masing divisi Perusahaan contohnya divisi tanaman itu juga jauh banyak tergantung pada si PR sendiri. Jadi.., e.., PR juga bisa e… memberi “umpan” kepada divisi apabila ada tamu yang berkunjung, tinggal bagaimana masing-masing divisi “menangkap umpan” itu, apakah mereka mau juga lebih.. lebih welcome dengan tamu, lebih bisa memberikan pelayanan yang baik. Yang jelas PR sangat vital perannya bagi masing-masing divisi untuk meningkatkan penjualannya.
d) Selama ini belum ada Firma Konseling dari luar yang memberikan jasanya kepada Perusahaan.
e) Mengenai kebijakan yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia. Apabila memang.. memang harus dilakukan mekanisasi tidak bisa dilakukan secara frontal dalam arti 100% jadi sedikit demi sedikit dan tenaga manusia yang tergantikan itu apabila memang tidak melakukan kesalahan apapun, tetap akan dipekerjakan dengan memindahkan mereka ke divisi lain yang membutuhkan tenaganya.
4. a) Landasan etika yang ditanamkan dalam Perusahaan mengenai etika profesional.., oke.. e.. Perusahaan menanamkan etika profesional kepada masing-masing staf dan personel di Perusahaan ini bahwa pekerjaan adalah seni dan amanah yang harus diemban.. e.. Jadi, e.. lakukan bekerja dengan sepenuh hati, jadi kalo misalnya bekerja tapi awalnya memang tidak suka lebih baik tidak usah bekerja saja karena itu nanti bukan hanya akan jadi beban dirinya sendiri tapi juga menjadi beban Perusahaan.
b) Mengenai tanggung jawab sosial.. e.. bisa dikatakan e.. perekrutan Sumber Daya Manusia di Perusahaan sudah menjadi suatu contoh untuk tanggung jawab sosial di Perusahaan karena Perusahaan mempekerjakan e.. penduduk yang tinggal disekitar lokasi Perusahaan atau Peternakan.
c) Tambahan: mengenai visi dan misi kami sangat terapkan kepada masing-masing e.. personel. Apalagi, personel dalam staf marketing, bahwa: 50% tugas dari seluruh divisi dan jajaran tinggi LHM adalah melayani, dan 50% lagi adalah melayani dan melayani lebih baik lagi.
5. Selama ini Perusahaan tidak ada kerja sama dengan pendidik.., e.. instansi profesional.. Selama ini kami hanya menyaring secara acak dan memberlakukan tes psikologi.., begitu juga tes praktek dalam mengambil tenaga kerja. Apabila terpilih, akan dikenakan training atau masa pelatihan selama 3 bulan, apabila 3 bulan sudah terpenuhi akan ada lagi 3 bulan masa probation/percobaan, selanjutnya kontrak 1 tahun sebelum menjadi karyawan tetap.
6. Pelatihan-pelatihan yang disediakan Perusahaan adalah pelatihan-pelatihan reguler yaitu bagaimana mengimplementasikan integrasi pertanian, peternakan, dan perikanan menjadi suatu kesatuan yang e.. menguntungkan dan ramah lingkungan karena tidak menimbulkan limbah dan berkesinambungan dalam arti berkelanjutan.., e…, tidak hanya merupakan satu proyek yang terbatas dengan time-frame yang temporary saja. Pelatihan-pelatihan ini di-ikuti oleh berbagai lapisan masyarakat contohnya.., contohnya e.. petugas dari dinas pertanian dan peternakan itu sendiri, lalu juga kebanyakan adalah pensiunan atau pekerja yang akan habis masa kerjanya dan masih belum bisa menentukan apa yang akan dikerjakan setelah pensiun, bisa juga calon wira usahawan dalam bidang peternakan dan pertanian yang ingin berusaha sendiri secara mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Tujuan utama bisa dilihat di Company Profile yang Power Point yaitu untuk mendorong petani, khususnya petani kecil agar bisa mandiri.
7. PR e.. tidak secara langsung dan tertulis dituntut untuk melakukan riset. Tetapi, pada prakteknya di lapangan sebetulnya PR sudah melakukan riset karena sudah mendengar langsung dari customer mengenai apa yang di-inginkan oleh customer dan apa yang bisa diperbaiki oleh Perusahaan lewat customer itu sendiri secara langsung, contohnya: mengenai pelayanan Perusahaan, untuk memasang brosur-brosur yang ada, lalu untuk pengembangan komoditas.. e.. misalnya dari susu menjadi yogurt. Walaupun memang ada kendala e.. dari menyediakan fasilitas itu sendiri karena dengan meng.. mengadakan menjual yogurt kami butuh cooling unit yang sangat besar namun Perusahaan akan menampung ide-ide dari customer itu sendiri. Apabila memang e… bisa dilakukan dan masih dalam taraf sederhana e.. dalam arti secara biaya visible, Perusahaan akan mendukung apa yang di-inginkan oleh customer itu sendiri.
8. Kode etik selama ini terbatas pada…, yang pernah terjadi adalah kejujuran jadi apabila ada kasus e… kasus apa.. e.. kemalingan, apabila memang yang melakukan itu adalah karyawan Perusahaan maka akan ditindak tegas lewat jalur hukum dan tentu saja dikeluarkan dari Perusahaan.
9. a) Selama ini di media cetak hanya pernah e.. di media Agrina dan itupun beberapa tahun yang lalu.
b) Penyiaran belum pernah tetapi owner daripada Perusahaan pernah tampil dalam acara talkshow stasiun televisi lokal yang hanya e.. membicarakan mengenai biografi owner itu sendiri dan sepak terjangnya dalam e.. dalam mendirikan Perusahaan ini.
10. Perusahaan telah bekerja sama dengan Pemerintah juga, e.. emm.. kadang berupa tender berupa kompos.. kompos organik, Perusahaan yang memproduksi untuk Pemerintah, e.. dalam bidang finansial 100% tidak ada intervensi dari Pemerintah.
11. Perusakan reputasi lebih pada e.. kompetisi di produk. Perusahaan tidak bereaksi.., tetapi Perusahaan yakin.. Perusahaan tidak terlalu memusingkan komentar dan perkataan dari kompetitor.. Yang jelas Perusahaan punya keyakinan bahwa selama Perusahaan bisa berinovasi maka Perusahaan akan lebih maju kedepan.
12. Perusahaan peduli, Perusahaan telah mempatenkan standar metode kompos Perusahaan, bisa dilihat di brosur kompos.. Tentu saja hanya mempatenkan saja tidak berarti tidak ada kompetitor e.. yang menjiplak. Bukan berarti tidak ada Perusahaan lain yang menyamai Perusahaan.., justru sekarang banyak juga Perusahaan yang justru yang bahkan di brosurnya saja meng-copy 100% dari brosur Perusahaan. Tetapi pada saat ini, mempunyai produk saja bukan.. bukan jaminan bahwa Perusahaan akan besar tapi juga harus di-ikuti dengan pelayanan yang bagus dan sistem marketing yang handal.
13. Komunikasi antara tenaga dengan manajemen biasanya dilakukan pertrimester.., jadi 3 bulan sekali, bahkan Perusahaan juga pernah melakukan penghargaan untuk karyawan di level paling rendah yaitu operator.., e.. mereka yang dedikasinya lebih bagus dan kinerjanya lebih bagus mendapatkan penghargaan dari Perusahaan berupa motor atas nama mereka sendiri.
e.. di.. dinilai dari loyalitas dan performance.. loyalitas dan performance, dan bukti real (nyata) kontribusinya untuk Perusahaan.
14. Selama ini yang terjadi adalah selama personal-personal PR melakukan tugasnya dengan baik, maka gaji tidak akan menyusut, dan Perusahaan tidak menyebutkan gaji yang dipunyai untuk PR, cuman apabila PR memang ada pengajuan budget untuk suatu promosi atau suatu kegiatan.., apabila memang dirasa visible dan memang ada uangnya.., Perusahaan akan ACC.
15. Alhamdulillaah selama ini belum pernah terlibat permasalahan hukum.
16. Memang sebelum terjadi peternakan ini sendiri.., sebelum sebelum terjadinya peternakan itu sendiri memang sudah mendapat protes dari warga sekitar, walaupun belum ada bentuk aslinya apakah itu nantinya akan bau atau tidak.. tapi dengan pendekatan perseorangan.., dengan mendekati pemimpin atau tokoh masyarakat.., lambat laun Perusahaan dapat membuktikan bahwa dalam sistem Perusahaan tidak ada limbah yang terbuang. Dalam arti, tidak akan ada e.. gangguan.. polusi.. yang berimbas pada masyarakat itu sendiri.
17. Tentu ada pro dan kontra, tetapi dengan merekrut yaitu langkah nyata sebagian penduduk dijadikan karyawan, dengan perekrutan tenaga kerja yang diambil dari warga yang tinggal disekitar lokasi Peternakan, maka dengan tindakan tersebut sedikit banyak diharapkan dapat mendukung eksistensi Perusahaan dalam menjalankan peternakan Perusahaan ini.
18. Tentu saja e.. pemimpin atau tokoh.., tokoh masyarakat. Opini publik e.. dapat terbentuk sendiri dengan kinerja Perusahaan yang baik dan memang menguntungkan dan tidak merugikan masyarakat sekitar.., karena dengan adanya Perusahaan.., dengan merekrutnya masyarakat sekitar lambat laun juga akan mendongkrak harkat hidup masyarakat itu sendiri.
19. Selama ini Perusahaan tidak melakukan “perang untuk mendapat perhatian”.. Perusahaan hanya berfokus pada apa yang kami kerjakan dan mengembangkan apa yang dapat dikembangkan tanpa menghiraukan e.. sepak terjang kompetitor-kompetitor. Selama Perusahaan tetap melakukan tugasnya dengan baik dan kreatif, Perusahaan yakin bahwa Perusahaan selalu satu langkah kedepan daripada Perusahaan-perusahaan kompetitor.
20. Memang dengan adanya sistem yang Perusahaan terapkan di integrasi pertanian, peternakan, dan perikanan ini yaitu e.. sebuah prinsip dasar yang bernama LEISA (Low External Input Sustainable Agriculture) dalam arti kita menggunakan limbah.., yang biasa disebut e.. masyarakat umum limbah tapi sebetulnya itu adalah resources yang baru yang dapat digunakan untuk mendukung pertanian kita.., yang menggunakan e.. sumber daya lokal yang murah dan dapat berlangsung secara terus-menerus.. e.. Low External Input Sustainable Agriculture.., jadi sustainable disini dalam arti berkelanjutan.., jadi e.. bagaimana menciptakan suatu sistem pertanian dan peternakan.. oh yah.., ok ati-ati, good luck yah…, yang.., yang berkesinambungan dalam arti yang langgeng.., jadi e.. menggunakan, jadi uhuk.. menciptakan suatu sistem pertanian dan peternakan yang ekonomis, menguntungkan, dan langgeng.. Itulah inti dari apa yang Perusahaan ciptakan disini.. Dalam sistem ini juga.. limbah.., semua limbah dari peternakan dapat kita proses sehingga menghasilkan sumber daya baru yang bisa dikomersialkan atau dipakai sendiri.., yaitu limbah. Jadi, menutup kemungkinan adanya protes dari masyarakat sekitar mengenai polusi yang bisa ditimbulkan.. Juga.., mengenai pakan yang Perusahaan berikan pada ternak yaitu dengan difermentasi secara probiotik itu akan dapat memproses semua makanan di pencernaan menjadi terserap semua dan tidak ada protein yang terbuang didalam kotoran sehingga tidak bau dan tidak dikerubuti lalat.. Tentu saja sambutan masyarakat sekitar sangat optimis karena selain ekonomis yaitu murah juga sangat menguntungkan.. Setelah tahu manfaat mereka sangat antusias untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang Perusahaan sediakan.., e.. mereka juga e…, secara praktek juga.. e…, jadi tergantung dari niat di tiap peserta pelatihan itu sendiri.., jadi ada beberapa alumni-alumni Perusahaan yang berhasil mengembangkan dan telah menerapkan apa yang Perusahaan sampaikan disini.., dan sekarang menjadi petani dan peternak yang sangat mandiri.., bahkan menjadi pelopor di daerahnya.. Efek dari penyebaran informasi dan inovasi e.. yang Perusahaan dapatkan adalah pengunjung.., kelompok pengunjung yang telah berkunjung ke peternakan akan bercerita kepada temannya mengenai peternakan Perusahaan.., dan temannya akan mendatangi Perusahaan.., sehingga semakin banyak e.. petani dan peternak yang berkunjung ke peternakan Perusahaan.., bahkan anak TK dan SD yang ingin melakukan outbound atau anak kuliah yang ingin melakukan studi banding dan e.. personil dari dinas.., instansi Pemerintahan seperti Dinas pertanian dan peternakan yang ingin melakukan studi banding juga.. Penghargaan bisa lewat.., dalam bentuk.. Oh.., Bapak Soeharto pernah terpilih sebagai Best Enterpreneur South Asia Pacific 2002 yang diresmikan sendiri oleh Ibu Presiden Megawati Soekarno Putri dan mendapatkan penghargaan dibidang penyelamatan lingkungan lainnya.. Bentuk nyata dukungan sosial Perusahaan efeknya adalah e.., dengan mengalirnya e.. dari berbagai media yang ingin meliput Perusahaan, untuk media cetak maupun visual yaitu dari TransTv, lalu juga untuk skala media cetak Kompas dan yang baru saja terjadi hari ini dari Majalah Saudagar.., yaitu Majalah lokal dari Solo yang meliput mengenai kewirausahaan di Solo dan sekitarnya...
21. Rapat tertentu dilakukan oleh semua divisi di Peternakan ini jadi tidak sebatas dari divisi PR karena divisi-divisi yang ada sangat interrelated jadi satu dengan lainnya sangat membutuhkan satu sama lain.., dan kekompakan juga mutlak terjadi karena kita ini adalah satu team.., kalo ada.., bagaikan mesin.., itu kalo ada satu sekrup yang tidak berfungsi itu ada istilah Jawanya soak jadi tidak akan berfungsi dengan baik.., walaupun.., begitu juga dengan Perusahaan disini.., tidak peduli dengan fungsi dari personal itu.., begitu juga dengan fungsi personal itu.., kalo personal itu tidak bagus dalam melakukan pekerjaannya sudah tentu tidak akan efisien dalam kinerja Perusahaan.
22. Kesejahteraan sosial… kesejahteraan sosial e.. apa.., karyawan e… sudah dirasa cukup oleh Perusahaan karena satu karyawan dapat meminjam uang di koperasi yang beranggotakan karyawan itu sendiri.., karyawan juga mendapat THR.., e.., itu sudah mutlak.., mendapat juga hasil panen yang berlebih berupa beras dan kacang dari lahan Perusahaan.., juga e.. mendapat penghargaan apabila memang berkinerja baik dan loyalitas tinggi.., asuransi kesehatan.. udah belum ya.., aku ga inget.. Oh.., ada.. ho oh.., banyak karyawan yang e.. mendapat dukungan sarana dari Perusahaan yaitu berupa mobil untuk technical sales marketing dan motor untuk karyawan dibidang produksi.., e.., kendaraan tersebut disesuaikan dengan lamanya mereka bekerja dan kinerja mereka yang ada disini..
23. Ok.., hubungan antara e.. technical sales marketing yaitu petugas lapangan dalam menjual dan menyampaikan layanan dengan petugas PR sebagai PR daripada peternakan itu sangat berhubungan erat karena mereka saling membutuhkan satu sama lain.. Jadi, technical sales marketing membutuhkan tenaga PR yang bagus.. kinerja yang bagus karena peternakan PT. LHM ini sendiri merupakan prototype, contoh konkrit daripada keberhasilan sistem dan produk yang kami hasilkan.. Jadi dengan sistem yang bagus.. dan pelayanan yang bagus, penyampaian yang bagus.. akan mendukung penjualan Perusahaan yang ada berhubungan dengan omset tahunan Perusahaan.. technical sales marketing Sebagian mendapat info dari technical sales marketing.. jadi untuk membuktikan bahwa produk kami bagus.. kami mendorong orang-orang dari instansi peternakan sendiri untuk datang ke peternakan yang akan disambut oleh PR.. Jadi.., PR sendiri juga mengajak pengunjung untuk membeli produk yang dijual.., disamping technical sales sendiri juga sudah ada produk untuk dijual.., disamping.. dan itu tidak masalah apakah technical sales marketing yang menjual atau PR yang menjual.. Mengundang dan menyampaikan penyuluhan dan menjual.. Jadi, mengundang hanya sebatas menyokong dan men-support informasi dari yang telah disampaikan Direktur Perusahaan itu sendiri..
24. Ya, tapi tidak diharuskan.., bagi yang ingin berkeliling tanpa ditemani seorang PR boleh-boleh saja.., juga tidak perlu membayar…, kecuali bila ingin berenang.. Paket-paket kunjungan terlampir..
25. Fasilitas yang disediakan berupa beberapa kamar mandi atau toilet yang bersih, bila pengunjung membayar paket kunjungan maka mereka akan ditemani oleh seorang staf PR untuk berkeliling dengan juga diberikan penjelasan-penjelasan mengenai peternakan.
26. Penjelasan-penjelasan saat tour terlampir.
27. Ini juga terlampir.
28. Untuk memberikan pengetahuan kepada para pengunjung mengenai peternakan Perusahaan.
29. Karena anak-anak itu lebih talkative, diharapkan dengan perlakuan khusus kepada anak-anak maka mereka akan menceritakan mengenai peternakan kepada siapapun yang mereka kenal.
30. Program yang sudah dan sedang berjalan adalah warga disekitar peternakan yang mayoritas adalah petani bisa menjual hasil pertanian mereka kepada PT. LHM. Program lainnya bagi warga sekitar yang sudah berjalan juga adanya perekrutan warga sekitar menjadi karyawan PT. LHM. PT. LHM juga menyediakan program koperasi bagi para karyawan dan warga sekitar. Program yang akan diadakan untuk masyarakat umum adalah penambahan fasilitas agar masyarakat sekitar yang sedang berkunjung bisa merasa nyaman. Khusus fasilitas bagi para pengunjung yang membayar, PT. LHM sedang membangun laboratorium dimana anak-anak bisa berkreasi dalam laboratorium tersebut. Masih banyak program-program lainnya yang sedang direncanakan demi pelayanan PT. LHM terhadap para pengunjung dan masyarakat sekitar.



















LAMPIRAN 4
Surat Pengantar Perusahaan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar