Manakah produk kami yang paling Anda sukai?

Rabu, 16 Juni 2010

BAB VI Kesimpulan dan Saran

BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan.
Dari semua yang telah peneliti uraikan pada bab-bab sebelumnya yang mengangkat sebuah permasalahan mengenai “Bagaimana aplikasi WOM sebagai sarana komunikasi pemasaran dalam mempublikasikan produk Starbio Plus”, maka tibalah peneliti pada Bab mengenai kesimpulan dan saran ini. Adapun kesimpulan-kesimpulan yang peneliti dapatkan adalah:
1) Bentuk aplikasi WOM sebagai sarana komunikasi pemasaran dalam mempublikasikan produk Starbio Plus adalah:
• Pemberian penjelasan-penjelasan oleh seorang staf PR yang diberikan kepada para pengunjung mengenai PT. LHM dan produk-produknya dari awal hingga akhir tour.
• Presentasi yang dilakukan seorang ahli terhadap audience mengenai PT. LHM dan produk-produknya.
• Pemberian pelatihan kepada para peminat bidang pertanian, peternakan, dan perikanan.
2) Aplikasi WOM sudah tepat bagi PT. LHM khususnya produk Starbio Plus, bahkan menciptakan teknik-teknik memancing WOM dengan cara-cara sebagai berikut:
• Pengunjung LHM Researvch Station II diberikan begitu banyak informasi menggunakan sistem 2 (dua) arah dengan harapan bahwa sebagian dari informasi yang mereka dapatkan tersebut diceritakan kembali kepada orang lain.
• Di-ikutsertakannya produk Starbio Plus kedalam paket-paket sekolah.
• Memberikan brosur-brosur dengan harapan bahwa para pengunjung bisa menceritakan sedikit mengenai produk-produk PT. LHM kepada kerabat-kerabat ataupun teman-teman terdekatnya dengan bantuan brosur-brosur tersebut.
• Audience diberikan banyak informasi yang bersifat 2 (dua) arah dimana audience juga bisa mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan presentasi, dengan harapan mereka mampu menerima informasi yang disampaikan saat presentasi dan menyampaikannya ke orang lain.
• Pemberian produk-produk PT. LHM kepada para peserta pelatihan.


B. Saran.
Dari semua yang peneliti uraikan, maka peneliti sampaikan suatu saran untuk PT. LHM sesuai apa yang peneliti utarakan pada Bab V. Dalam kesempatan ini, peneliti hanya memiliki 1 (satu) saran saja, saran peneliti adalah:
Perbaiki sistem pemasaran menggunakan media internet. Ada 2 cara yang bisa dilakukan PT. LHM dalam memperbaiki pemasaran produk Starbio Plus di internet, yakni:
1) Mempekerjakan seseorang yang khusus mengiklankan produk Starbio Plus menggunakan media internet dengan keywords yang banyak dicari orang seperti: “masalah WC”, “WC mampet”, “WC penuh”, “menangani WC”, “mengatasi WC”, dan semacamnya karena diantara keywords tersebut hanya keywords “WC penuh” saja yang menempatkan Starbio Plus di peringkat pertama.
2) Memperbaiki tampilan pada situs www.lembahhijau.com. Hal ini diperlukan karena peneliti menilai bahwa saat ini (5 Februari 2010) tampilan dari situs tersebut tidak simetris, sehingga tidak nyaman dilihat dan agak membingungkan. Dengan perbaikan dalam hal ini, maka dapat dipastikan bahwa makin banyak orang yang bisa mengenal lebih dekat PT. LHM dan produk-produknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar