Manakah produk kami yang paling Anda sukai?

Rabu, 16 Juni 2010

BAB V Hasil dan Pembahasan

BAB V
HASIL, PEMBAHASAN, DAN ANALISIS DATA

Bab ini menjelaskan dan membahas secara detail hasil pengumpulan data yang telah diperoleh peneliti selama melakukan penelitian. Peneliti mencoba mengaitkan seluruh temuan peneliti terhadap teknik WOM yang digunakan PT. LHM sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam publikasi produk Starbio Plus.
Dari keseluruhan temuan peneliti, maka yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah:
“Bagaimana aplikasi WOM sebagai sarana komunikasi pemasaran dalam mempublikasikan produk Starbio Plus?”
Dari seluruh produk PT. LHM, dapat dipastikan kesemuanya dipromosikan menggunakan teknik WOM. Demi kesesuaian pada judul maka pada skripsi ini hanya dibahas 1 (satu) jenis produk saja, yakni Starbio Plus.
Seperti halnya produk lainnya, Starbio Plus dipromosikan menggunakan presentasi yang dilakukan PT. LHM terhadap instansi-instansi lain, baik itu yang berada didalam Pemerintahan maupun diluar Pemerintahan. Ternyata, tak hanya itu saja, peneliti menemukan bahwa ada cara lain selain presentasi dalam mempromosikan Starbio Plus. Cara itu adalah: memancing terciptanya WOM.


A. Hasil Penelitian.
Dari penelitian yang telah dilakukan, ada hal-hal penting yang peneliti temukan. Hasil-hasil dari penelitian tersebut adalah: pengutamaan publikasi pada produk Starbio Plus, cara-cara mempublikasikan Starbio Plus, cara-cara mempresentasikan Starbio Plus, dan teknik memancing WOM.
1. Pengutamaan publikasi pada Starbio Plus.
Bila produk-produk PT. LHM selain Starbio Plus dipromosikan ke instansi-instansi yang bergerak dibidang peternakan, perikanan, dan pertanian, Starbio Plus dapat dipromosikan ke khalayak umum. Presentasi-presentasi biasanya dilakukan dengan menyewa sebuah ruangan serbaguna suatu hotel dengan mengundang para audience menggunakan biaya sendiri. Starbio Plus dapat dipromosikan saat dilakukannya presentasi mengenai produk-produk yang berkaitan dengan peternakan, perikanan, dan pertanian, namun produk-produk lain tidak bisa sebaliknya karena memang khusus peternakan, perikanan, dan pertanian.
2. Cara-cara Mempublikasikan Starbio Plus.
Ada beberapa cara yang dilakukan PT. LHM dalam mempublikasikan produk Starbio Plus. Cara-cara dalam mempublikasikan produk ini benar-benar tanpa menggunakan media massa. Yang menjadi pertimbangan mengenai hal ini adalah dengan memperhitungkan efektivitas dan efisiensi. Berdasarkan pertimbangan dalam hal efisiensi dan efektivitas tersebut, maka beberapa cara yang dilakukan PT. LHM dalam mempublikasikan produk-produk adalah:
a) Tour LHM.
PT. LHM membuka untuk umum LHM Research Station II dengan tujuan agar banyak orang berkunjung untuk mengenal lebih dekat PT. LHM. Layaknya tempat wisata lainnya, LHM Research Station II juga menarik bayaran kepada para pengunjung yang datang. Bedanya adalah, di LHM Research Station II pengunjung tidak diharuskan membayar seperti diadakannya tiket masuk pada tempat wisata lainnya. Tempat wisata yang memiliki luas 6 hektar ini hanya menarik bayaran kepada mereka yang ingin didampingi oleh seorang staf PR sebagai tour guide.
Biayanya cukup murah, untuk masuk kedalam dengan dipandu seorang staf PR, seorang pengunjung hanya butuh menyediakan uang kisaran Rp.7.500,- sampai dengan Rp.22.500,- (yang membedakan adalah makanan yang didapat pengunjung dari paket-paket yang disediakan). Biaya tersebut sangat murah dibandingkan dengan apa yang didapat yakni perjalanan keliling lokasi dengan mendengarkan penjelasan-penjelasan oleh tour guide selama 2 (dua) jam.
Pengunjung diberikan penjelasan tentang bagaimana PT. LHM melakukan perawatan terhadap hewan-hewan ternak, bagusnya kualitas ikan patin yang diberi makan dengan lumut azola piñata, bagusnya kualitas daging sapi yang memakan konsentrat yang dicampur dengan Starbio ternak, bagaimana menciptakan pupuk cair dengan memanfaatkan urin sapi yang dicampur dengan Stardec dan air secukupnya, dijelaskan pula bagusnya merawat tanaman dengan menggunakan Green Valley Fine Compost, juga dijelaskan bagaimana proses pembuatan pupuk kompos dengan jenis Black Gold dan Green Valley Fine Compost. Tak hanya itu saja, pengunjung juga dijelaskan mengenai produk-produk yang dihasilkan divisi agensia hayati untuk memusnahkan hama tanaman.
Di lokasi seluas 6 hektar tersebut juga tersedia sebuah kolam renang untuk anak-anak agar anak-anak senang kembali lagi untuk berkunjung (saat penelitian dilakukan, kolam renang untuk dewasa sedang dibuat). Saat tour di LHM Research Station II, ada sesi khusus dimana para pengunjung diajak ke suatu ruang serbaguna, di ruang serbaguna tersebut diputar video mengenai PT. LHM. Pemutaran video bertujuan agar para pengunjung mengenal PT. LHM dan produk-produknya secara lebih dekat. Video dimulai dengan menceritakan sejarah mengenai PT. LHM, bagaimana pendiri PT. LHM memulai usaha awalnya hingga bisa sukses seperti sekarang. Setelah itu, didalam video tersebut juga terdapat mengenai seluruh produk-produk PT. LHM, dari kualitasnya, penggunaannya, dan pemasarannya. Didalamnya juga terdapat bagaimana para peserta training dilatih agar sukses menjadi seorang petani, peternak, dan wira usaha yang bergerak dibidang pertanian dan peternakan (biasanya peserta pelatihan adalah orang-orang yang bergerak dibidang peternakan, perikanan, dan pertanian).
b) Pembagian brosur kepada pengunjung.
Adapula publikasi yang dilakukan dengan pemberian brosur-brosur kepada pengunjung yang datang ke LHM Research Station II. Walaupun disertai dengan brosur-brosur mengenai produk-produk lainnya, namun pihak PT. LHM tetap optimis bahwa nama Starbio Plus menjadi pertimbangan tersendiri bagi orang-orang yang membaca brosur mengenai Starbio Plus yang dibagikan saat tour.
c) Presentasi.
Selain itu, hal yang paling penting dalam mempublikasikan Starbio Plus adalah dengan melakukan presentasi-presentasi terhadap orang-orang yang berpengaruh didalam segala hal. Hal ini dilakukan dengan harapan bahwa mereka yang telah menghadiri presentasi mau membeli Starbio Plus dan setelah mereka mengalami sendiri keampuhan Starbio Plus dalam menangani masalah WC penuh, maka diharapkan mereka menceritakannya kepada bawahan-bawahan mereka ataupun orang-orang terdekat mereka. Uniknya, presentasi mengenai produk Starbio Plus ini sangat jarang disertai dengan presentasi mengenai produk-produk lainnya. Sedangkan Starbio Plus seringkali di-ikut sertakan bila presentasi mengenai produk-produk lain yang berkaitan dengan peternakan, perikanan, dan pertanian dilakukan. Hal ini disebabkan karena Starbio Plus adalah produk yang bisa dipakai oleh siapapun dari kalangan apapun.
d) Mengadakan training/pelatihan.
PT. LHM juga menyediakan pelatihan/training bagi mereka yang ingin sukses untuk menjadi petani atau peternak ataupun wira usaha yang bergerak dibidang peternakan dan pertanian. Disaat pelatihan itu, diajarkan cara-cara merawat hewan-hewan ternak dan tanaman dengan menggunakan produk-produk dari PT. LHM. Hal ini dilakukan dengan harapan agar mereka menjadi pelanggan dari PT. LHM. Semua jenis produk dari PT. LHM dibagikan kepada peserta pelatihan setelah selesai mengikuti pelatihan.
3. Cara Mempresentasikan Starbio Plus.
Ada banyak hal yang dipresentasikan saat mempromosikan Starbio Plus. Hal-hal tersebut adalah:
a) Informasi Umum Starbio Plus.
Starbio Plus merupakan produk terbaru teknologi canggih yang membantu kita mengatasi masalah septic tank/saluran limbah dengan cara baru. Starbio Plus membantu Bapak/Ibu mengatasi masalah septic-tank/saluran limbah/saluran wastafel atau cuci piring tersumbat atau penuh. Merupakan produk bioteknologi pelopor yang kini banyak ditiru dengan merk-merk lain. Starbio Plus merupakan mikroba/bakteri yang berfungsi menguraikan limbah menjadi bahan asal alami yang tidak berbau. Dalam septic-tank, Starbio Plus bekerja memangsa endapan isi septic-tank yang sudah menahun dan menguraikannya menjadi bahan alami, kembali ke tanah, tanpa bau, beracun, dan ramah lingkungan.
b) Kelebihan-kelebihan Starbio Plus.
• Produk Pelopor.
Starbio Plus merupakan produk yang pertama kali di Indonesia (mungkin juga di dunia) yang mampu menangani/mengatasi masalah WC tanpa harus sedot WC. Silahkan cek ke Departemen Pertanian.
• Praktis.
Dengan Starbio Plus, pengosongan septic-tank/mengatasi saluran limbah tersumbat dapat dilakukan sendiri, tanpa bantuan orang lain, tanpa memanggil tenaga servis untuk sedot/bongkar septic-tank/saluran limbah. Hemat tenaga.
• Aman.
Starbio Plus merupakan kumpulan mikroba/bakteri pengurai, bukan bahan kimia/asam. Dengan demikian, Starbio Plus aman bagi lingkungan, tidak meracuni lingkungan dan aman bagi kulit.
• Ekonomis.
Harga 1 (satu) kemasan (1kg) Starbio Plus hanya Rp 60.000,-. Dibandingkan metoda-metoda lain pengosongan septic-tank, jelas lebih terjangkau, saat ini biaya sedot WC menggunakan mobil sedot WC adalah sebesar Rp.700.000,-. Apalagi bila kita memperhitungkan waktu untuk mengawasi proses sedot, bau yang ditimbulkan sepanjang selang penyedotan, waktu dan biaya bongkar saluran, tenaga yang dihabiskan untuk bongkar saluran, kebisingan mesin penyedot, gangguan bagi tetangga, dan sebagainya.
• Memiliki Perijinan.
* Ijin Usaha No : 9-2/ PMI/ 11.21/ 85.
* Ijin Produksi No : 60/ Kandep.12/ 2/ VII/ 91.
* Ijin Edar/ Sertifikat No : 893.3/ 258C.
• Produk asli Indonesia (berasal dari PT.Lembah Hijau Multifarm, Solo).
Ini merupakan kebanggaan tersendiri dimana Indonesia kini mempunyai suatu produk yang sangat bermanfaat, khususnya bagi perumahan dan umumnya bagi pelestarian lingkungan dunia. Dengan kemunculan produk ini, sudah banyak bukti bahwa Starbio Plus memang ramah lingkungan sehingga produk-produk kimiawi dan berbahaya bagi lingkungan seperti karbol dan lysol dapat ditinggalkan.
• Dijaga oleh Quality Control.
PT. LHM sangat memperhatikan kualitas produk-produknya. Seperti halnya Perusahaan lainnya, PT. LHM tentu tidak ingin kehilangan pelanggan.
• Teruji kualitasnya.
Tidak sedikit orang yang telah membeli Starbio Plus kemudian mencoba produk-produk lain yang sejenis dengan Starbio Plus namun kembali menggunakan Starbio Plus lagi. Memang, meskipun kebanyakan orang cari barang murah namun kualitaslah yang akan dilihat pada akhirnya.
Dengan adanya 8 keunggulan dari Starbio Plus tersebut, tidak heran bahwa Starbio Plus tetap menjadi pilihan tersendiri.
c) Cara Pemakaian:
1. Untuk WC/Septic-Tank.
Langsung tuang Starbio Plus ke kloset Anda, usahakan pada saat WC tidak terpakai (dari pukul 20.00 s/ d pukul 04.00), ini bertujuan agar penggunaannya lebih optimal.
Setelah campuran dituangkan, jangan memakai kloset semalaman. Besok paginya, kloset sudah dapat dipakai seperti biasa.
Atau, siapkan ember berisi air, lalu larutkan Starbio Plus kedalam ember tersebut. Diamkan selama 12 jam. Bila sudah, langsung tuang ke kloset dan kloset bisa langsung di-flush. Cara ini dapat memberikan hasil yang lebih optimal. Cara ini pula yang lebih sering dipakai oleh para pengguna Starbio Plus.
2. Untuk saluran cuci piring/got.
Siapkan gayung/ember kecil. Masukkan Starbio Plus sejumlah ½ isi gayung. Tuangkan 5 sendok makan Starbio Plus, kemudian aduk secukupnya dan diamkan 15 menit. lalu tuangkan ke lubang saluran cuci piring. Dianjurkan dilakukan malam hari saat bak cucian piring tidak digunakan.
3. Untuk menghilangkan bau pada bak sampah.
Siapkan gayung/ember kecil. Masukkan Starbio Plus sejumlah ½ isi gayung. Tuangkan 5 sendok makan Starbio Plus, kemudian aduk secukupnya dan diamkan 15 menit, lalu semprot merata ke tempat sampah. Lakukan seminggu sekali.


d) Peringatan:
Setelah menggunakan Starbio Plus, jangan menuangkan karbol, lysol, soda api, ataupun bahan pewangi ke dalam kloset. Bahan-bahan tersebut dapat mengganggu kerja bakteri pengurai/Starbio Plus.
DILARANG MEMBUANG PEMBALUT WANITA DAN ROKOK karena ini dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan dalam septic-tank Anda ! ! !
Selamat menikmati kerja Starbio Plus.
e) Harga:
- Hanya Rp.60.000,-/kg untuk 1 septic-tank ukuran 1-2m3 + Ongkos kirim (Rp.10.000,-/kg untuk daerah DKI Jakarta).
- Hanya Rp.6.500,-/100gr untuk saluran wastafel + Ongkos kirim.
- Harga pasaran Starbio Plus berbeda-beda sesuai dengan lokasi penjualan. Harga yang telah disebutkan diatas merupakan harga yang berlaku untuk daerah DKI Jakarta dan sekitarnya.
f) Penutup Presentasi.
Hanya dalam 10 hari, Anda bisa terbebas dari sedot WC selama"nya" dan hanya dalam 2 hari segala macam bau tidak sedap yang ada pada kamar mandi Anda menjadi hilang.

4. Teknik memancing WOM.
Teknik memancing WOM adalah suatu cara yang digunakan untuk memicu terjadinya WOM. Ini adalah suatu teknik yang peneliti namakan sendiri berhubung belum ada datanya yang peneliti temukan baik itu dari buku-buku ataupun mesin pencari di internet. Meskipun PT. LHM belum menamakan teknik yang digunakan dalam mempublikasikan produk Starbio Plus ini, tapi peneliti yakin bahwa pihak PT. LHM sudah memperkirakan efek dari teknik ini, yakni terciptanya WOM. Teknik ini dijelaskan lebih gamblang lagi pada bagian Pembahasan.

B. Pembahasan.
Poin B ini membahas segala hasil yang telah peneliti peroleh. Dalam poin ini pulalah peneliti menjawab jawaban mengenai:
Bagaimanakah aplikasi WOM sebagai sarana komunikasi pemasaran dalam mempublikasikan Starbio Plus?
Ada beberapa cara mengaplikasikan WOM sebagai sarana komunikasi pemasaran dalam mempublikasikan Starbio Plus. Cara-cara mengaplikasikan WOM dilakukan disaat PT. LHM melakukan publikasi yang telah peneliti sebutkan sebelumnya pada poin A. Sesuai pernyataan peneliti pada poin A, maka peneliti juga membahas mengenai teknik memancing WOM di bagian ini. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Tour LHM.
Seperti yang telah dijelaskan pada poin A, tour guide mengajak berkeliling dan memberikan penjelasan-penjelasan kepada para pengunjung. Penyampaian informasi menggunakan sistem 2 (dua) arah yang membolehkan para pengunjung untuk bertanya sebanyak-banyaknya selama itu berkaitan dengan penjelasan dari tour guide yang membimbing mereka saat berkeliling LHM Research Station II. Tour guide juga memutarkan sebuah video mengenai PT. LHM. Pemutaran video ini diharapkan mampu menciptakan ketertarikan lebih dalam bagi para pengunjung kepada PT. LHM. Tour guide menyampaikan informasi mengenai PT. LHM, ditambah lagi informasi-informasi yang diberikan melalui pemutaran video dengan tour guide yang memberikan penjelasan tambahan dari narasi pada video tersebut, dan inilah bentuk pertama aplikasi WOM yang peneliti temukan, yakni penjelasan-penjelasan yang diberikan oleh seorang staf PR kepada para pengunjung dari awal hingga akhir tour. Dengan adanya pemutaran video ini, maka pengunjung memiliki bahan yang diceritakan kepada orang-orang yang terdekat dengan mereka. Dengan informasi-informasi yang telah pengunjung dapatkan, tidak susah bagi mereka untuk menceritakannya kepada orang lain, ini merupakan teknik memancing WOM, yakni pengunjung diberikan begitu banyak informasi dengan harapan bahwa sebagian dari informasi yang mereka dapatkan tersebut diceritakan kembali kepada orang lain.
Lalu, penjelasan berikutnya mengenai tour LHM adalah dibedakannya tour LHM menjadi 2 (dua) berdasarkan paket kunjungan yang disediakan PT. LHM, yakni paket kunjungan regular dan paket kunjungan sekolah. Paket kunjungan biasa diperuntukkan untuk pengunjung secara umum, sedangkan paket sekolah adalah paket yang disediakan bagi para penuntut ilmu, biasanya yang mengambil paket ini adalah dari Sekolah-sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Adapun yang didapat dari paket-paket tersebut adalah sebagai berikut:
PAKET KUNJUNGAN REGULAR
Paket 1: Rp.7.500,-
- Snack.
- Minum (air mineral).
- Service.
Paket 2: Rp.11.000,-
- Bakso ikan patin.
- Minum (frestea).
- Service.
Paket 3: Rp.17.500,-
- Makan siang (nasi dus patin).
- Minum (air mineral).
- Service.

Paket komplit: Rp.22.500,-
- Snack.
- Makan siang (nasi dus patin).
- Minum (air mineral).
- Service.
PAKET SEKOLAH
Paket 1: Rp.10.500,-
- Ice cream.
- New Starbio Plus (NSBP) ons.
- Service.
Paket 2: Rp.13.500,-
- Popcorn.
- Ice cream.
- New Starbio Plus (NSBP) ons.
- Service.
Paket 3: Rp.13.500,-
- Ice cream.
- New Starbio Plus (NSBP) ons.
- Sayur organik.
- Service.


Paket 4: Rp.16.500,-
- Bakso ikan patin.
- Ice cream.
- New Starbio Plus (NSBP) ons.
- Service.
Paket 5: Rp.18.500,-
- Bakso ikan patin.
- Ice cream.
- New Starbio Plus (NSBP) ons.
- Renang.
- Service.
Diantara paket kunjungan regular dengan paket sekolah ada sebuah perbedaan, yakni paket kunjungan regular tidak mendapatkan New Starbio Plus seperti paket sekolah. Ini juga termasuk teknik memancing WOM, yakni di-ikutsertakannya produk New Starbio Plus kedalam paket-paket sekolah, karena pengunjung yang mengambil paket sekolah pasti menggunakan produk yang telah menjadi bagian paket tersebut. Disini peneliti melihat kecerdikan dari PT. LHM, yakni pengunjung seolah-olah mendapatkan produk tersebut secara gratis, padahal PT. LHM tidak memberinya secara cuma-cuma, melainkan “memaksa” para pengunjung untuk membeli produk tersebut secara halus. Dengan menggunakan produk yang diberikan, pasti ada saja yang merasa puas lalu menceritakannya ke orang terdekat dengannya. Peneliti mengamati bahwa produk tersebut hanya disisipkan pada paket sekolah karena biasanya yang mengambil paket sekolah ini adalah orang-orang yang antusias dengan PT. LHM, sehingga peluang terciptanya WOM untuk produk jenis Starbio Plus lebih besar. Sedangkan, paket kunjungan regular biasanya diambil oleh sekelompok keluarga yang hanya ingin bertamasya, walaupun biasanya akhirnya mereka membeli beberapa produk juga dari show-room.
2. Pembagian brosur kepada pengunjung.
Cara publikasi ini dilakukan dengan tujuan agar pengunjung yang telah berkunjung mampu menceritakan produk-produk PT. LHM dengan lebih mudah karena penjelasan-penjelasan yang diperlukan sudah tersedia pada brosur-brosur yang dibagikan. Ini juga salah satu teknik memancing WOM yang digunakan PT. LHM, yakni memberikan brosur-brosur dengan harapan bahwa para pengunjung bisa menceritakan sedikit mengenai produk-produk PT. LHM kepada kerabat-kerabat ataupun teman-teman terdekatnya dengan bantuan brosur-brosur tersebut.
Berdasarkan pengamatan peneliti, brosur-brosur yang dibuat oleh PT. LHM hanya dibagikan kepada para pengunjung yang mengambil paket saja. Hal ini untuk meminimalisir terbuangnya brosur-brosur tersebut secara sia-sia. Brosur-brosur yang dibagikan tersebut juga ditargetkan agar dibawa para pengunjung hingga tiba ke rumah masing-masing pengunjung dengan tujuan agar andaipun si pembawa brosur tidak membacanya dan hanya meletakkannya sembarangan, ada orang lain yang membacanya dan bertanya-tanya kepada si pembawa brosur. Pengunjung yang mengambil paket memiliki antusias lebih tinggi dibandingkan pengunjung yang sekedar datang melihat-lihat tanpa mengambil paket yang disediakan PT. LHM, dari sinilah dimiliki keyakinan bahwa brosur-brosur yang diberikan kepada mereka yang mengambil paket memiliki peluang yang lebih besar untuk tiba di rumah pengunjung tersebut. Selain itu, pertimbangan lain adalah karena adanya kemungkinan besar terjadinya WOM terutama bagi yang mengambil paket sekolah. Hal itu dikarenakan orang-orang yang berkunjung dengan mengambil paket yang disediakan memiliki kemauan yang lebih tinggi untuk menceritakan kembali pengalaman mereka di LHM Research Station II kepada kerabat-kerabat mereka. Andaipun mereka enggan bercerita, brosur-brosur tersebut bertujuan untuk memudahkan si pengunjung memberi penjelasan kepada orang lain mengenai PT. LHM, meskipun hanya menambahkan sedikit penjelasan dari informasi yang tersedia pada brosur-brosur. Pada publikasi jenis ini tidak terjadi aplikasi WOM, tetapi ada teknik memancing WOM didalamnya.
3. Presentasi.
Seperti yang telah peneliti paparkan, presentasi dilakukan kepada orang-orang yang berpengaruh. Saat penelitian ini dilakukan, peneliti pernah mendapati sekelompok orang dari Departemen Pertanian dan dilakukan presentasi kepada mereka. Presentasi dibedakan menjadi 2 (dua), yakni presentasi keseluruhan dan presentasi khusus Starbio Plus. Presentasi keseluruhan adalah presentasi mengenai PT. LHM, produk-produknya, serta serba-serbinya. Biasanya presentasi keseluruhan digelar pada ruang rapat pada LHM Research Station II, sedangkan presentasi khusus Starbio Plus biasanya menyewa suatu ruang serba guna menggunakan biaya sendiri di lokasi-lokasi yang cukup menjanjikan. Bentuk aplikasi WOM dalam publikasi ini adalah penyampaian pesan seorang ahli (biasanya dilakukan pendiri PT. LHM langsung atau Direktur Pemasaran atau Kepala PR) kepada audience. Orang biasanya lebih mudah menerima penjelasan seorang ahli daripada orang yang tidak jelas asal-usulnya (hallo effect). Dengan gelar sebagai Profesor dan seorang guru besar di Universitas Negeri Surakarta (UNS) tentunya membuat orang mudah untuk menerima penjelasan dari seorang pendiri PT. LHM. Ini juga merupakan bentuk teknik memancing WOM, yakni audience diberikan banyak informasi yang bersifat 2 (dua) arah dimana audience juga bisa mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan presentasi, dengan harapan mereka mampu menerima informasi yang disampaikan saat presentasi dan menyampaikannya ke orang lain.
4. Mengadakan training/pelatihan.
Pelatihan dikenakan tarif sebesar Rp.1.500.000,-/orang untuk pelatihan selama 3 (tiga) hari. Peserta pelatihan dibebaskan untuk memilih apakah hendak menginap di asrama yang disediakan atau pulang dulu jika waktu istirahat. Program training diadakan dengan tujuan untuk membina mereka yang ingin menjadi wira usaha dibidang pertanian, perikanan, dan peternakan. Pelatihan biasanya ditangani oleh pendiri PT. LHM secara langsung ataupun pengganti Beliau yang sudah ahli dalam hal ini. Bentuk aplikasi WOM disini adalah berupa pelatihan yang diadakan PT, LHM. Setelah pelatihan, biasanya para peserta justru menjadi pelanggan setia PT. LHM karena produk-produk yang dibagikan kepada mereka setelah pelatihan digunakan dan memberikan hasil yang sangat signifikan. Oleh karena itu, teknik memancing WOM yang dilakukan disini adalah pemberian produk-produk PT. LHM kepada para peserta pelatihan. Banyak dari mereka yang puas kemudian mereferensikan produk-produk PT. LHM kepada rekan-rekan mereka yang bergerak dibidang yang sama, dan khusus untuk produk Starbio Plus mereka biasanya dengan senang hati menceritakannya ke orang-orang dengan berbagai latar belakang.

C. Analisis Data.
Poin C ini peneliti melanjutkan pembahasan. Dalam poin ini pulalah peneliti menjawab jawaban mengenai:
Apakah aplikasi WOM sudah tepat bagi PT. LHM khususnya produk Starbio Plus?
Berdasarkan wawancara antara peneliti dengan Direktur Pemasaran PT. LHM yaitu Ibu Novia Hartika. Beliau menyampaikan berbagai hal mengenai aplikasi WOM pada PT. LHM sebagai sarana komunikasi pemasaran dalam mempublikasikan produk Starbio Plus. Beliau menyatakan secara tegas bahwa sistem pemasaran dengan beriklan dengan menggunakan media massa adalah tidak efektif. Dikatakan pula bahwa selain Perusahaan harus membayar mahal untuk space yang kecil, target-market yang kebanyakan adalah peternak dan petani belum banyak yang terbiasa dengan acara televisi. Beliau berpendapat bahwa masyarakat Indonesia lebih untuk mendengar keberhasilan suatu produk dari orang-orang yang mereka kenal dibandingkan dengan iklan-iklan yang dipasang Perusahaan pada media tertentu. Bahkan, pendapatnya ditegaskan lagi dengan berkata bahwa masyarakat Indonesia biasanya lebih percaya pada teman sendiri, juga karena sudah ada yang memakai, dan sudah ada contohnya. Diterangkan pula bahwa dari sistem pemasaran yang dijalankan menggunakan aplikasi WOM inilah Perusahaan sudah mendapatkan repeated-order, bahkan mendapatkan pelanggan-pelanggan baru hingga mancanegara. Jadi, jawaban Beliau berdasarkan wawancara tersebut adalah: aplikasi WOM bagi PT. LHM khususnya produk Starbio Plus sudah tepat!
Untuk mendukung pernyataan Beliau, peneliti juga menyatakan bahwa memang kabar mengenai Starbio Plus sudah sangat terkenal dalam mengatasi WC penuh. Ini berdasarkan temuan peneliti yang juga memasarkan produk ini dimana kebanyakan pembeli merupakan orang yang mendengar kebesaran nama Starbio Plus namun bingung mencari produk tersebut. Kebanyakan dari merekapun mencari di internet menggunakan mesin pencari google dengan keywords “Starbio Plus”. Dulu blog yang peneliti buat dengan keywords tersebut menempati peringkat pertama pada google, namun dikarenakan suatu hal maka peringkat blog peneliti dengan keywords tersebut turun menjadi peringkat ke-2 (dua):






Ada pula yang mencari pada google dengan keywords “jual Starbio Plus” dan menemukan blog milik peneliti menempati peringkat pertama, lalu tanpa ragu menghubungi peneliti dan akhirnya membeli. Biasanya pembeli sudah mengetahui tentang Starbio Plus, maka itu biasanya mereka langsung membeli tanpa banyak bertanya, tetapi ada juga yang baru sedikit mendengar tentang produk ini. Ini buktinya:

Peneliti juga berani memberikan bukti terjadinya WOM dari sistem komunikasi pemasaran yang diterapkan PT. LHM, yakni adanya seorang pengguna produk Starbio Plus yang merasa puas dan menceritakannya pada website miliknya. Bahkan, berkat seorang pengguna yang puas, nama Starbio Plus kini bukan lagi menjadi “brand awareness”, namun sudah menjadi “top of mind” dalam hal pencarian keywords “WC penuh” dengan menggunakan mesin pencari google di internet. Nama pengguna tersebut adalah Bapak Sumardiono, Beliau menjelaskan betapa Beliau merasa puas menggunakan produk Starbio Plus dalam menangani masalah WC penuh, dan menyebutkan bahwa Beliau membelinya dari seseorang bernama Bapak Sudarmono, yang merupakan ayah kandung dari peneliti. Kini, orang-orang yang mencari informasi pada www.google.co.id dapat menemukan tulisan Bapak Sumardiono tersebut di peringkat pertama dan blog milik peneliti di peringkat ketiga dengan menggunakan keywords “WC penuh”, dan inilah buktinya:


Tidak hanya itu saja, semakin banyak orang menanyakan apakah produk Starbio Plus bisa dicari di toko-toko disekitar tempat tinggal mereka. Bahkan, seorang teman peneliti bernama Nurhasan yang sedang mencari produk inipun langsung membeli tanpa ragu kepada peneliti karena selama ini kebingungan mencari produk ini, dia sungguh terkejut begitu mengetahui peneliti menjual produk ini. Dengan tersebarnya WOM mengenai kehebatan suatu produk, pasti ada saja orang yang mencoba mencari peluang usaha. Hal ini dilakukan oleh Bapak Helmi yang berulangkali memborong produk Starbio Plus dari peneliti untuk dijual lagi di tempat tinggalnya di Pontianak. Produk ini juga menempati peringkat pertama di google dengan keywords “menangani WC”:

Menyikapi jawaban Direktur Pemasaran PT. LHM dan berdasarkan argumen-argumen yang peneliti ungkapkan, maka peneliti juga sependapat dengan Direktur Pemasaran mengenai tepatnya aplikasi WOM bagi PT. LHM khususnya produk Starbio Plus. Tetapi, ada 1 (satu) hal yang peneliti anggap sangat penting dilakukan dalam meningkatkan pemasaran produk ini, yang peneliti sebutkan pada Bab berikutnya sebagai saran agar Bab ini tidak menyimpang dari segi isi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar